Jumat, 14 Desember 2012

UNPTN Bahasa Indonesia tahun 2000


Ada juga orang yang menyempatkan diri meneliti dampak dari bendungan-bendungan yang dibangun di sepanjang aliran sungai. Majalah Science melaporkan bahwa para peneliti dari Universitas Umea, Swedia, telah menemukan perubahan habitat di sepanjang pinggiran sungai tempat pembangunan bendungan. Perubahan yang pertama adalah pada jenis ikannya. Bendungan bisa menghalangi ikan-ikan tertentu yang melintas bebas, atau membuat mereka bisa lewat tetapi tidak mampu kembali lagi. Akhirnya, ada jenis-jenis ikan yang terancam dan sudah punah. Di antaranya jenis-jenis ikan salmon -semacam badar- yang biasa mengikuti aliran sungai. Jenis yang bisa bertahan tidak lebih dari separo. Yang lebih mengherankan adalah bahwa ternyata bendungan juga mempengaruhi tumbuh-tidaknya jenisjenis tanaman di kiri kanan sungai. Selama 70 tahun pembangunan bendungan di Swedia, jenis tumbuhan yang punah mencapai 15 persen. Perubahan itu sudah selesai pada 30 tahun pertama. Lalu apakah tidak perlu dibangun bendungan? Barangkali yang perlu ditinjau adalah konstruksinya. Di beberapa Negara ada proyek pengubahan bentuk bendungan demi menyelamatkan jenis-jenis ikan tertentu yang tidak mungkin lagi bisa bertahan dengan bentuk bendungan yang lama.

Jawaban pertanyaan nomor 31 sampai nomor 35 didasarkan pada bacaan di atas.

UMPTN-00-31
Berdasarkan teknik penyajiannya bacaan di atas berbentuk karangan ....
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. argumentasi
E. persuasi

UMPTN-00-32
Judul yang paling tepat untuk bacaan di atas adalah....
A. Manfaat Bendungan bagi Lingkungan
B. Akibat Bendungan di Sepanjang Aliran Sungai
C. Pembangunan Bendungan di Swedia
D. Pengaruh Bendungan bagi Jenis-jenis Ikan
E. Pengaruh Bendungan bagi Tumbuh-Tumbuhan

UMPTN-00-33
Pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan yang dikemukakan dalam bacaan di atas, kecuali....
A. Bendungan dapat menyebabkan beberapa jenis ikan terancam punah
B. Bendungan dapat mempengaruhi jenis-jenis tanaman di sekitar sungai
C. Bendungan bentuk lama perlu diubah berdasarkan konstruksinya
D. Pengaruh lingkungan dari bendungan-bendungan terdapat di sepanjang pinggiran sungai
E. Perubahan habitat terjadi di sepanjang hulu sungai tempat pembangunan bendungan

UMPTN-00-34
Pikiran utama paragraf awal dalam bacaan di atas ialah....
A. Ada juga orang yang menyempatkan diri meneliti dampak lingkungan
B. Dampak bendungan terhadap lingkungan
C. Dampak bendungan-bendungan yang dibangun di sepanjang aliran sungai
D. Perubahan habitat sepanjang pinggiran sungai
E. Perubahan habitat sepanjang pingiran sungai tempat pembangunan bendungan

UMPTN-00-35
Bacaan di atas membicarakan yang tersebut di bawah ini, kecuali....
A. Dampak bendungan terhadap lingkungan
B. Perubahan habitat di sepanjang hulu sungai
C. Bendungan dapat menghalangi ikan-ikan tertentu melintas bebas
D. Pengaruh bendungan terhadap jenis-jenis tanaman di kiri-kanan sungai
E. Di beberapa negara telah dilakukan proyek
pengubahan bentuk bendungan

UMPTN-00-36
Penulisan unsur serapan berikut benar, kecuali....
A. manajemen
B. standardisasi
C. frekuensi
D. ekuivalen
E. sistematis

UMPTN-00-37
Penggunaan tanda baca dengan benar terdapat pada kalimat....
A. Mereka tidak setuju, karena gagasan itu tidak masuk akal.
B. Kami memerlukan kertas, mistar, dan lain-lain.
C. Di toko itu terdapat: pakaian anak-anak, alat olahraga, dan perabot dapur.
D. Bapaknya orang Bali; sedangkan ibunya,orang Minang.
E. Hindun, sahabat Aminah menjadi juara kelas di bidang seni tari.

 UMPTN-00-38
Pemakaian tanda baca yang benar terdapat pada kalimat ....
A. Sahlan, mengucapkan terima kasih atas bantuan Putut.
B. Semua peserta, yang tidak membawa kartu peserta, harus melaporkan diri kepada panitia.
C. F. Ratulangi tinggal di Jalan Mawar 5, Pati, JawaTengah.
D. la harus pulang sekarang, karena sakit.
E. Sahabat saya Amin tinggal di Manokwari

UMPTN-00-39
Bentuk-bentuk kerancuan afiks terdapat pada kata-kata berikut, kecuali....
A. memperbesarkan
B. mempelajarkan
C. mengenyampingkan
D. memperbaiki
E. diperlebarkan

UMPTN-00-40
Adik menelepon.
Kalimat luas yang polanya masih sama dengan kalimat inti di atas adalah ....
A. Adik saya tinggal di Banyuwangi.
B. Adik saya, yang tinggal di Banyuwangi, belajar menelepon.
C. Adik saya, yang tinggal di Banyuwangi, menelepon kemarin.
D. Adik yang menelepon saya tinggal di Banyuwangi.
E. Adik saya tinggal di Banyuwangi dan kemarin menelepon.

UMPTN-00-41
Mahasiswi yang cantik sedang membaca buku baru. Kalimat intinya adalah ....
A. Mahasiswi yang cantik sedang membaca
B. Mahasiswi sedang membaca
C. Mahasiswi yang cantik sedang membaca buku
D. Mahasiswi membaca buku yang baru
E. Mahasiswi membaca buku

UMPTN-00-42
Ketika hujan lebat, kami sedang di rumah Kalimat di atas mempunyai pola yang sama dengan kalimat....
A. Kemarin hujan lebat
B. Polisi menembak pencuri yang lari
C. Adik pernah melamar Maimunah
D. Saat kami datang, ia sudah pergi
E. Kata itu mempunyai makna khas

UMPTN-00-43
Mangga gedong gincu mengeluarkan aroma yang sangat harum. Pola kalimat yang sama dengan pola kalimat di atas terdapat dalam kalimat....
A. Lahan-lahan yang kurang produktif dimanfaatkan sebagai perkebunan mangga.
B. Negara-negara tujuan ekspor mangga gedong gincu adalah Jepang, Eropa, dan Timur Tengah.
C. Populasi pohon mangga di Indramayu cukup besar.
D. Setiap kios menjajakan mangga gedong gincu berwarna hijau.
E. Aroma mangga gedong gincu tercium pada 2-3 meter.

UMPTN-00-44
Kata astronomi dipakai untuk mengungkapkan arti …
A. ilmu nujum
B. ilmu falak
C. angkasa luar
D. planet
E. kosmologi

UMPTN-00-45
Kalimat berikut ini merupakan contoh kalimat baku, kecuali....
A. Kita harus dapat membuktikan bahwa kita mampu melaksanakan tugas ini.
B. Marilah kita memulai pertemuan ini!
C. Dalam pertemuan ini kita akan membicarakan rencana perjalanan wisata ke Bandung.
D. Akan kita diskusikan lagi masalah ini besok!
E. Kita akan bicarakan lagi masalah ini.

UMPTN-00-46
Orang yang mendapat untung besar tanpa disangkasangka biasa dinyatakan dengan peribahasa ....
A. Bagai.mendapat kepala sapi
B. Ibarat ditimpa hujan rahmat
C. Bagai mendapat durian runtuh
D. Seperti kelapamenjadi minyak
E. Ibarat mimpi kejatuhan bintang

UMPTN-00-47
Di antara kalimat-kalimat berikut yang efektif adalah....
A. Hanya dengan sedikit tenaga ia dapat memindahkan benda itu.
B. Tujuan hidupnya adalah mengangkat kehidupan familinya dari kebodohan.
C. Ia memperoleh banyak keuntungan dengan berdagang kain kiloan.
D. Dengan waktu yang sangat singkat dia dapat memperbaiki pesawat televisi yang rusak.
E. Akhitnya ia berhasil mendirikan yayasan sosial seperti yang dicita-citakannya sejak remaja.

UMPTN-00-48
Semua anggota OPEC adalah negara penghasil minyak. Karena itu, Indonesia diterima menjadi anggota OPEC. Penalaran kalimat di atas benar.
SEBAB Semua negara penghasil minyak wajib menjadi anggota OPEC.

UMPTN-00-49
Bentuk seperti membakso dan mengopi merupakan bentuk yang tidak baku.
SEBAB Afiks me- tidak dapat digabungkan dengan bentuk dasar yang berupa kata benda.

UMPTN-00-50
Angkatan Balai Pustaka dalam sejarah sastra Indonesia disebut juga Angkatan Siti Nurbaya atau Angkatan Dua Puluhan.
SEBAB Siti Nurbaya merupakan novel Indonesia yang pertama diterbitkan badan penerbitan Balai Pustaka padatahun 1920.

UMPTN-00-51
Abdul Hamid terpilih sebagai Ketua OSIS di sekolah kami. Makna awalan ter- pada kata terpilih sama dengan makna awalan ter- pada kata bercetak miring dalam kalimat....
(1) Petinju terhebat itu akhirnya jatuh juga.
(2) Mendengar lagu itu dia teringat akan masa kecilnya.
(3) Beban seberat itu terangkat juga olehnya.
(4) Rupanya dia menjadi tertuduh dalam perkara itu.

UMPTN-00-52
Pengedar obat terlarang harus dihukum seberatberatnya. Fungsi perulangan pada kata seberat-beratnya terdapat juga pada kata bercetak miring dalam kalimat …
(1) Sebentar-sebentar orang itu menengok ke samping kanan.
(2) Kalian boleh makan sekenyang-kenyangnya di rumahku.
(3) Sehari-harinya dia membantu keluarga kami di rumah.
(4) Penyelam itu berusaha mencapai lubuk sungai sedalam-dalamnya.

UMPTN-00-53
Makna afiks memper- pada kata memperbudak sama dengan makna afiks memper- pada kata berikut ini,
kecuali....
(1) memperalat
(2) memperistri
(3) mempertuan
(4) memperdalam

UMPTN-00-54
Rumah orang kaya itu sangat tinggi. Orang kaya itu bergaya India. Gabungan kedua kalimat itu adalah....
(1) Rumah orang kaya yang bergaya India itu sangat tinggi.
(2) Orang kaya yang rumahnya bergaya India itu sangat tinggi.
(3) Orang kaya yang bergaya India itu, rumahnya sangat tinggi.
(4) Orang kaya yang sangat tinggi itu rumahnya bergaya India.

UMPTN-00-55
Salah satu langkah yang sangat penting dalam modernisasi masyarakat adalah penguasaan iptek. Jika kata modernisasi dalam kalimat itu diganti dengan kata modern, kalimat itu menjadi ....
(1) Salah satu langkah yang sangat penting dalam masyarakat modern adalah penguasaan iptek.
(2) Salah satu langkah yang sangat penting dalam menuju masyarakat modern adalah penguasaan iptek.
(3) Salah satu langkah modern yang sangat penting dalam masyarakat adalah penguasaan iptek.
(4) Salah satu langkah yang sangat penting dalam menciptakan masyarakat modern adalah penguasaan iptek.

UMPTN-00-56
Tanti sedang mengikitti ujian masuk universitas. Susunan kelompok kata sedang mengikuti pada kalimat di atas memiliki struktur yang sama dengan ....
(1) tidak membaca
(2) agak tinggi
(3) ingin pergi
(4) dari kantor

UMPTN-00-57
Krisis moneter yang mengharu-biru berbagai sektor usaha di berbagai daerah relatif tidak terasa dampaknya terhadap pariwisala Ball, Kata mengharu-biru pada kalimat tersebut bermakna....
(1) membuat sesuatu berwarna biru
(2) mengharukan
(3) membuat terharu
(4) mengacaukan

UMPTN-00-58
Kata yang tidak berkaitan dengan nilai halus atau kasar adalah....
(1) tunasusila
(2) kelompok
(3) dibantai
(4) akhlak

UMPTN-00-59
Kalimat yang mengandung eufemisme adalah ....
(1) Karyawan Bank Bira sudah di-PHK beberapa bulan yang lalu.
(2) Pegawai negeri yang terlibat organisasi terlarang segera dibebastugaskan.
(3) Karena kesalahan prosedur uang bantuan pemerintah itu tidak dapat sepenuhnya diterima oleh rakyat.
(4) Otong paling suka mengadu domba teman sekampungnya.

UMPTN-00-60
Kalimat yang lazim untuk mengawali suatu pidato adalah ....
(1) Hadirin yang saya hormati, atas kesempatan yang berharga ini, saya sampaikan terima kasih yan  sebanyak-banyaknya.
(2) Hadirin yang berbahagia, apa yang saya kemukakan itu semoga ada manfaatnya bagi kita.
(3) Para siswa yang saya cintai, izinkanlah saya menyampaikan rasa bangga atas kesempatan ini.
(4) Demikianlah hadirin yang mulia, semoga apa yang akan saya kemukakan nanti menjadi bahan pemikiran kita.

UMPTN-00-61
Kalimat yang tidak baku adalah ....
(1) Jika kita ingin maju, kita harus mau mawas diri.
(2) Pekerjaan itu mereka belum juga selesaikan.
(3) Kami tidak tahu tempat peristirahatan itu.
(4) Sarana yang mana telah diutarakan itu perlu diperhatikan baik-baik.

UMPTN-00-62
Kalimat yang lazim untuk mengakhiri surat resmi adalah ....
(1) Demikian pemberitahuan kami dan semoga Saudara menjadi maklum.
(2) Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
(3) Kami berharap agar kerjasama tetap erat.
(4) Untuk keperluan tersebut, kami lampirkan dua buah pasfoto.

UMPTN-00-63
Ragam karangan ilmiah sebaiknya....
(1) menggunakan bahasa yang denotatif
(2) menghindari ungkapan perasaan yang berlebihlebihan
(3) bersifat objektif
(4) mengandung imajinasi

UMPTN-00-64
Pernyataan yang cocok untuk menggambarkan tokoh-tokoh dalam roman Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah ....
(1) Tuti adalah wanita yang bersemangat dalam berorganisasi untuk memperjuangkan emansipasi wanita.
(2) Maria adalah wanita yang lincah, ceria, dan manja, tetapi kurang memperhatikan aktivitas organisasi.
(3) Yusuf adalah mahasiswa kedokteran yang pada mulanya menjalin hubungan dengan Maria. Kemudian dengan Tuti setelah Maria meninggal.
(4) Tuti adalah adik Maria.

UMPTN-00-65
Bulan mengintip di batik awan. Gaya bahasa di atas terdapat pula dalam kalimat....
(1) Mukanya pucat bagai bulan kesiangan
(2) Senjata pun ikut bicara
(3) Hati menyala bagai bara api
(4) Ranting-ranting ikut menari


MASIH BANYAK YANG LAINNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar