Ada juga orang yang menyempatkan diri
meneliti dampak dari bendungan-bendungan yang dibangun di sepanjang aliran
sungai. Majalah Science melaporkan bahwa para peneliti dari Universitas Umea,
Swedia, telah menemukan perubahan habitat di sepanjang pinggiran sungai tempat
pembangunan bendungan. Perubahan yang pertama adalah pada jenis ikannya.
Bendungan bisa menghalangi ikan-ikan tertentu yang melintas bebas, atau membuat
mereka bisa lewat tetapi tidak mampu kembali lagi. Akhirnya, ada jenis-jenis
ikan yang terancam dan sudah punah. Di antaranya jenis-jenis ikan salmon
-semacam badar- yang biasa mengikuti aliran sungai. Jenis yang bisa bertahan
tidak lebih dari separo. Yang lebih mengherankan adalah bahwa ternyata
bendungan juga mempengaruhi tumbuh-tidaknya jenisjenis tanaman di kiri kanan
sungai. Selama 70 tahun pembangunan bendungan di Swedia, jenis tumbuhan yang
punah mencapai 15 persen. Perubahan itu sudah selesai pada 30 tahun pertama.
Lalu apakah tidak perlu dibangun bendungan? Barangkali yang perlu ditinjau
adalah konstruksinya. Di beberapa Negara ada proyek pengubahan bentuk bendungan
demi menyelamatkan jenis-jenis ikan tertentu yang tidak mungkin lagi bisa
bertahan dengan bentuk bendungan yang lama.
Jawaban
pertanyaan nomor 31 sampai nomor 35 didasarkan pada bacaan di atas.
UMPTN-00-31
Berdasarkan teknik
penyajiannya bacaan di atas berbentuk karangan ....
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. argumentasi
E. persuasi
UMPTN-00-32
Judul yang paling
tepat untuk bacaan di atas adalah....
A. Manfaat Bendungan
bagi Lingkungan
B. Akibat
Bendungan di Sepanjang Aliran Sungai
C. Pembangunan
Bendungan di Swedia
D. Pengaruh
Bendungan bagi Jenis-jenis Ikan
E. Pengaruh
Bendungan bagi Tumbuh-Tumbuhan
UMPTN-00-33
Pernyataan-pernyataan
berikut sesuai dengan yang dikemukakan dalam bacaan di atas, kecuali....
A. Bendungan dapat
menyebabkan beberapa jenis ikan terancam punah
B. Bendungan dapat
mempengaruhi jenis-jenis tanaman di sekitar sungai
C. Bendungan
bentuk lama perlu diubah berdasarkan konstruksinya
D. Pengaruh
lingkungan dari bendungan-bendungan terdapat di sepanjang pinggiran sungai
E. Perubahan
habitat terjadi di sepanjang hulu sungai tempat pembangunan bendungan
UMPTN-00-34
Pikiran utama
paragraf awal dalam bacaan di atas ialah....
A. Ada juga orang
yang menyempatkan diri meneliti dampak lingkungan
B. Dampak
bendungan terhadap lingkungan
C. Dampak
bendungan-bendungan yang dibangun di sepanjang aliran sungai
D. Perubahan
habitat sepanjang pinggiran sungai
E. Perubahan
habitat sepanjang pingiran sungai tempat pembangunan bendungan
UMPTN-00-35
Bacaan di atas
membicarakan yang tersebut di bawah ini, kecuali....
A. Dampak
bendungan terhadap lingkungan
B. Perubahan
habitat di sepanjang hulu sungai
C. Bendungan dapat
menghalangi ikan-ikan tertentu melintas bebas
D. Pengaruh
bendungan terhadap jenis-jenis tanaman di kiri-kanan sungai
E. Di beberapa
negara telah dilakukan proyek
pengubahan bentuk
bendungan
UMPTN-00-36
Penulisan unsur
serapan berikut benar, kecuali....
A. manajemen
B. standardisasi
C. frekuensi
D. ekuivalen
E. sistematis
UMPTN-00-37
Penggunaan tanda
baca dengan benar terdapat pada kalimat....
A. Mereka tidak
setuju, karena gagasan itu tidak masuk akal.
B. Kami memerlukan
kertas, mistar, dan lain-lain.
C. Di toko itu
terdapat: pakaian anak-anak, alat olahraga, dan perabot dapur.
D. Bapaknya orang
Bali; sedangkan ibunya,orang Minang.
E. Hindun, sahabat
Aminah menjadi juara kelas di bidang seni tari.
UMPTN-00-38
Pemakaian tanda
baca yang benar terdapat pada kalimat ....
A. Sahlan,
mengucapkan terima kasih atas bantuan Putut.
B. Semua peserta,
yang tidak membawa kartu peserta, harus melaporkan diri kepada panitia.
C. F. Ratulangi
tinggal di Jalan Mawar 5, Pati, JawaTengah.
D. la harus pulang
sekarang, karena sakit.
E. Sahabat saya
Amin tinggal di Manokwari
UMPTN-00-39
Bentuk-bentuk
kerancuan afiks terdapat pada kata-kata berikut, kecuali....
A. memperbesarkan
B. mempelajarkan
C.
mengenyampingkan
D. memperbaiki
E. diperlebarkan
UMPTN-00-40
Adik menelepon.
Kalimat luas yang
polanya masih sama dengan kalimat inti di atas adalah ....
A. Adik saya
tinggal di Banyuwangi.
B. Adik saya, yang
tinggal di Banyuwangi, belajar menelepon.
C. Adik saya, yang
tinggal di Banyuwangi, menelepon kemarin.
D. Adik yang
menelepon saya tinggal di Banyuwangi.
E. Adik saya
tinggal di Banyuwangi dan kemarin menelepon.
UMPTN-00-41
Mahasiswi yang
cantik sedang membaca buku baru. Kalimat intinya adalah ....
A. Mahasiswi yang
cantik sedang membaca
B. Mahasiswi sedang
membaca
C. Mahasiswi yang
cantik sedang membaca buku
D. Mahasiswi
membaca buku yang baru
E. Mahasiswi
membaca buku
UMPTN-00-42
Ketika hujan
lebat, kami sedang di rumah Kalimat di atas mempunyai pola yang sama
dengan kalimat....
A. Kemarin hujan
lebat
B. Polisi menembak
pencuri yang lari
C. Adik pernah
melamar Maimunah
D. Saat kami
datang, ia sudah pergi
E. Kata itu
mempunyai makna khas
UMPTN-00-43
Mangga gedong
gincu mengeluarkan aroma yang sangat harum. Pola kalimat yang sama
dengan pola kalimat di atas terdapat dalam kalimat....
A. Lahan-lahan
yang kurang produktif dimanfaatkan sebagai perkebunan mangga.
B. Negara-negara
tujuan ekspor mangga gedong gincu adalah Jepang, Eropa, dan Timur Tengah.
C. Populasi pohon
mangga di Indramayu cukup besar.
D. Setiap kios
menjajakan mangga gedong gincu berwarna hijau.
E. Aroma mangga
gedong gincu tercium pada 2-3 meter.
UMPTN-00-44
Kata astronomi
dipakai untuk mengungkapkan arti …
A. ilmu nujum
B. ilmu falak
C. angkasa luar
D. planet
E. kosmologi
UMPTN-00-45
Kalimat berikut
ini merupakan contoh kalimat baku, kecuali....
A. Kita harus
dapat membuktikan bahwa kita mampu melaksanakan tugas ini.
B. Marilah kita
memulai pertemuan ini!
C. Dalam pertemuan
ini kita akan membicarakan rencana perjalanan wisata ke Bandung.
D. Akan kita
diskusikan lagi masalah ini besok!
E. Kita akan
bicarakan lagi masalah ini.
UMPTN-00-46
Orang yang
mendapat untung besar tanpa disangkasangka biasa dinyatakan dengan
peribahasa ....
A. Bagai.mendapat
kepala sapi
B. Ibarat ditimpa
hujan rahmat
C. Bagai mendapat
durian runtuh
D. Seperti
kelapamenjadi minyak
E. Ibarat mimpi
kejatuhan bintang
UMPTN-00-47
Di antara
kalimat-kalimat berikut yang efektif adalah....
A. Hanya dengan
sedikit tenaga ia dapat memindahkan benda itu.
B. Tujuan hidupnya
adalah mengangkat kehidupan familinya dari kebodohan.
C. Ia memperoleh
banyak keuntungan dengan berdagang kain kiloan.
D. Dengan waktu
yang sangat singkat dia dapat memperbaiki pesawat televisi yang rusak.
E. Akhitnya ia
berhasil mendirikan yayasan sosial seperti yang dicita-citakannya sejak
remaja.
UMPTN-00-48
Semua anggota OPEC
adalah negara penghasil minyak. Karena itu, Indonesia diterima
menjadi anggota OPEC. Penalaran kalimat di atas benar.
SEBAB Semua
negara penghasil minyak wajib menjadi anggota OPEC.
UMPTN-00-49
Bentuk seperti
membakso dan mengopi merupakan bentuk yang tidak baku.
SEBAB Afiks
me- tidak dapat digabungkan dengan bentuk dasar yang berupa kata benda.
UMPTN-00-50
Angkatan Balai
Pustaka dalam sejarah sastra Indonesia disebut juga Angkatan Siti Nurbaya
atau Angkatan Dua Puluhan.
SEBAB Siti
Nurbaya merupakan novel Indonesia yang pertama diterbitkan badan
penerbitan Balai Pustaka padatahun 1920.
UMPTN-00-51
Abdul Hamid
terpilih sebagai Ketua OSIS di sekolah kami. Makna awalan ter- pada
kata terpilih sama dengan makna awalan ter- pada kata bercetak miring
dalam kalimat....
(1) Petinju terhebat itu akhirnya jatuh juga.
(2) Mendengar lagu
itu dia teringat akan masa kecilnya.
(3) Beban seberat
itu terangkat juga olehnya.
(4) Rupanya dia
menjadi tertuduh dalam perkara itu.
UMPTN-00-52
Pengedar obat
terlarang harus dihukum seberatberatnya. Fungsi perulangan pada kata
seberat-beratnya terdapat juga pada kata bercetak miring dalam kalimat …
(1)
Sebentar-sebentar orang itu menengok ke samping kanan.
(2) Kalian boleh
makan sekenyang-kenyangnya di rumahku.
(3) Sehari-harinya
dia membantu keluarga kami di rumah.
(4) Penyelam itu
berusaha mencapai lubuk sungai sedalam-dalamnya.
UMPTN-00-53
Makna afiks
memper- pada kata memperbudak sama dengan makna afiks memper- pada kata
berikut ini,
kecuali....
(1) memperalat
(2) memperistri
(3) mempertuan
(4) memperdalam
UMPTN-00-54
Rumah orang kaya
itu sangat tinggi. Orang kaya itu bergaya India. Gabungan kedua
kalimat itu adalah....
(1) Rumah orang
kaya yang bergaya India itu sangat tinggi.
(2) Orang kaya
yang rumahnya bergaya India itu sangat tinggi.
(3) Orang kaya
yang bergaya India itu, rumahnya sangat tinggi.
(4) Orang kaya
yang sangat tinggi itu rumahnya bergaya India.
UMPTN-00-55
Salah satu langkah
yang sangat penting dalam modernisasi masyarakat adalah penguasaan
iptek. Jika kata modernisasi dalam kalimat itu diganti dengan kata
modern, kalimat itu menjadi ....
(1) Salah satu
langkah yang sangat penting dalam masyarakat modern adalah penguasaan
iptek.
(2) Salah satu
langkah yang sangat penting dalam menuju masyarakat modern adalah
penguasaan iptek.
(3) Salah satu
langkah modern yang sangat penting dalam masyarakat adalah penguasaan
iptek.
(4) Salah satu
langkah yang sangat penting dalam menciptakan masyarakat modern
adalah penguasaan iptek.
UMPTN-00-56
Tanti sedang
mengikitti ujian masuk universitas. Susunan kelompok kata sedang mengikuti
pada kalimat di atas memiliki struktur yang sama dengan ....
(1) tidak membaca
(2) agak tinggi
(3) ingin pergi
(4) dari kantor
UMPTN-00-57
Krisis moneter
yang mengharu-biru berbagai sektor usaha di berbagai daerah relatif tidak
terasa dampaknya terhadap pariwisala Ball, Kata mengharu-biru pada
kalimat tersebut bermakna....
(1) membuat
sesuatu berwarna biru
(2) mengharukan
(3) membuat
terharu
(4) mengacaukan
UMPTN-00-58
Kata yang tidak
berkaitan dengan nilai halus atau kasar adalah....
(1) tunasusila
(2) kelompok
(3) dibantai
(4) akhlak
UMPTN-00-59
Kalimat yang mengandung
eufemisme adalah ....
(1) Karyawan Bank
Bira sudah di-PHK beberapa bulan yang lalu.
(2) Pegawai negeri
yang terlibat organisasi terlarang segera dibebastugaskan.
(3) Karena
kesalahan prosedur uang bantuan pemerintah itu tidak dapat sepenuhnya diterima
oleh rakyat.
(4) Otong paling
suka mengadu domba teman sekampungnya.
UMPTN-00-60
Kalimat yang lazim
untuk mengawali suatu pidato adalah ....
(1) Hadirin yang
saya hormati, atas kesempatan yang berharga ini, saya sampaikan terima
kasih yan sebanyak-banyaknya.
(2) Hadirin yang
berbahagia, apa yang saya kemukakan itu semoga ada manfaatnya bagi kita.
(3) Para siswa
yang saya cintai, izinkanlah saya menyampaikan rasa bangga atas kesempatan
ini.
(4) Demikianlah
hadirin yang mulia, semoga apa yang akan saya kemukakan nanti menjadi
bahan pemikiran kita.
UMPTN-00-61
Kalimat yang tidak
baku adalah ....
(1) Jika kita
ingin maju, kita harus mau mawas diri.
(2) Pekerjaan itu
mereka belum juga selesaikan.
(3) Kami tidak
tahu tempat peristirahatan itu.
(4) Sarana yang
mana telah diutarakan itu perlu diperhatikan baik-baik.
UMPTN-00-62
Kalimat yang lazim
untuk mengakhiri surat resmi adalah ....
(1) Demikian
pemberitahuan kami dan semoga Saudara menjadi maklum.
(2) Atas perhatian
Saudara, kami sampaikan terima kasih.
(3) Kami berharap
agar kerjasama tetap erat.
(4) Untuk
keperluan tersebut, kami lampirkan dua buah pasfoto.
UMPTN-00-63
Ragam karangan
ilmiah sebaiknya....
(1) menggunakan
bahasa yang denotatif
(2) menghindari
ungkapan perasaan yang berlebihlebihan
(3) bersifat
objektif
(4) mengandung
imajinasi
UMPTN-00-64
Pernyataan yang
cocok untuk menggambarkan tokoh-tokoh dalam roman Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana adalah ....
(1) Tuti adalah
wanita yang bersemangat dalam berorganisasi untuk memperjuangkan
emansipasi wanita.
(2) Maria adalah
wanita yang lincah, ceria, dan manja, tetapi kurang memperhatikan
aktivitas organisasi.
(3) Yusuf adalah
mahasiswa kedokteran yang pada mulanya menjalin hubungan dengan
Maria. Kemudian dengan Tuti setelah Maria meninggal.
(4) Tuti adalah
adik Maria.
UMPTN-00-65
Bulan mengintip di
batik awan. Gaya bahasa di atas terdapat pula dalam kalimat....
(1) Mukanya pucat
bagai bulan kesiangan
(2) Senjata pun
ikut bicara
(3) Hati menyala
bagai bara api
(4)
Ranting-ranting ikut menari
MASIH BANYAK YANG LAINNYA…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar